Bimbel

Bimbel Online dan Offline

Bimbel : Online dan Offline (Konvensional)

Kursus atau bimbingan belajar memang memiliki peran besar dalam menunjang pembelajaran.

Mengapa demikian?

Karena sebuah pembelajaran dikatakan sempurna jika sudah memenuhi beberapa aspek berikut…

Pertama ada seorang pembelajar (siswa). Jika aspek ini terlewati maka tidak akan mungkin tercipta sebuah pembelajaran yang baik dan tertata rapi.

Coba bayangkan, Anda adalah seorang siswa yang ingin memperoleh penjelasan mengenai materi yang ingin dipelajari oleh seorang tutor atau guru di kelas.

Maka kehadiran Anda juga diperlukan agar terjadi sebuah pembelajaran.

Kedua ada penyampai materi belajar (tutor). Terkadang Kita akan beranggapan guru atau tutor sudah tidak terlalu berpengaruh dengan kemampuan Kita dalam memahami suatu materi pelajaran.

Platform sosial media berbentuk video, aplikasi  dan lain sebagainya lebih cenderung dominan dalam membantu Kita memahami suatu materi pembelajaran.

Maka anggapan itu adalah salah. Seorang pendidik dikatakan berhasil jika materi yang telah disampaikan mudah difahami oleh seorang siswa. Bukan untuk saat ini saja melainkan sampai nanti hingga tua.

Saya mengambil contoh pada pengalaman pribadi saya ketika duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (setara SMP). Seorang guru Al-Qur’an Hadits yang mengajar kelas saya menerapkan metode muroja’ah (pengulangan) tiap butir hadits setiap pertemuannya.

Kemudian, setiap siswa menyetorkan hafalan hadits tiap kali mata pelajaran tersebut ada. Maka 1 dari sekian hadits yang pernah dihafal dan disetorkan akan terngiang ngiang hingga masa tua.

Metode ini juga yang diterapkan di bimbingan belajar. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Ketiga ada materi yang disampaikan. Jika kalian ingin mempelajari sesuatu (baik itu bisnis, desain, pemrograman dll) maka tak akan terlepas dengan materi. Materi pelajaran…

Materi bisa berupa cetak (buku, kamus dan lain sebagainya), materi juga bisa berupa soft file (media pembelajaran, file pdf dan lain sebagainya). Kita juga bisa memperoleh materi dari berbagai media cetak dan juga media online.

Beberapa platform yang bisa digunakan dalam mencari informasi berita, edukasi dan lain sebagainya adalah sebagai berikut :

  1. Website Portal Berita (detik.com, tribunnews.com dll)
  2. Platform Sosial Media Video (youtube.com, dailymotion.com dll)
  3. Website dan Aplikasi Belajar (zenius.net, ruangguru.com dll)

Nah, website adumedia juga merupakan sebuah website yang bisa dibilang sebagai platform media pembelajaran juga.

Didalamnya terdapat video pembelajaran, langkah langkah dalam membuat media pembelajaran hingga Kalian dapat mendaftar menjadi tutor secara gratis untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran.

Keempat tujuan pembelajaran. Tujuan seorang pembelajar memang berbeda beda dalam memahami suatu materi pelajaran.

Beberapa contoh berikut akan memperjelas Kalian dalam mengambil tujuan.

Jika kalian adalah sesorang yang ingin belajar desain karikatur misalnya. Maka literatur atau referensi yang akan kalian pakai akan berkaitan dengan desain karikatur.

Dalam hal ini tentu software/aplikasi, tool di dalam aplikasi apa saja yang akan sering digunakan. Hingga langkah langkah pembuatan desain tersebut dari awal hingga selesai.

Dan yang terakhir adalah tujuan Kalian dalam memperlajari desain karikatur tersebut. Semisal untuk membuka jasa pembuatan desain, jasa kursus desain hingga pembuatan produk hasil edit foto cetak berbentuk karikatur.

Sedangkan tujuan dari website adumedia sendiri juga sudah dibahas pada poin ketiga tadi dan juga sudah ada di halaman ini.

Daftar Isi

Bimbel